Dirut Pupuk Kaltim Siap Perluas Program Agro Solution Karena Membuahkan Hasil

Dirut Pupuk Kaltim Siap Perluas Program Agro Solution Karena Membuahkan Hasil

Dirut Pupuk Kaltim Siap Perluas Program Agro Solution Karena Membuahkan Hasil

Program Agro Solution di Gorontalo yang baru-baru ini dilaksanakan, mendapat banyak apresiasi dari Pemerintah dan stakeholders.
Pasang Bola
Hal ini menyaksikan kesuksesan program yang sanggup tingkatkan kapasitas memproduksi padi Gorontalo hingga 80 atau 10 ton per hektar, dari sebelumnya berkisar 5-6 ton per hektar.

Direktur Utama Pupuk Kaltim Rahmad Pribadi menyambut optimis ide perluasan Agro Solution di beraneka daerah, utamanya di Gorontalo, sebab program ini sejatinya disiapkan Pupuk Indonesia Grup untuk mendorong produktivitas pertanian tanah air, sekaligus tingkatkan kesejahteraan dan kemandirian petani.

Menurut dia, Pupuk Indonesia Grup menargetkan 50.000 hektare Agro Solution di Indonesia dan Pupuk Kaltim udah merealisasikan sekira 2.000 hektare di beraneka lokasi distribusi Perusahaan.

Tingkat kesuksesan pun di atas 70 persen seperti di Banyuwangi dengan tingkat kesuksesan sebesar 75 persen dan di Jember dengan tingkat kesuksesan sebesar 65 persen.

Agro solution juga digagas untuk kurangi ketergantungan petani dapat pupuk bersubsidi yang dibatasi regulasi Pemerintah, sebab diatur Rencana Definitif Kebutuhan Kelompok (RDKK) tiap tiap daerah.

Inovasi Agro Solution menggunakan pupuk non subsidi, dengan banyak variasi pendampingan dan kemudahan akses bagi petani sepanjang jaman tanam hingga panen.

Bukti kesuksesan juga udah dirasakan ratusan petani di beraneka tempat ujicoba program, baik untuk pemanfaatan pupuk dan pestisida yang jauh lebih hemat, dan juga optimalisasi hasil dengan lahan yang lebih produktif.

“Pupuk Kaltim siap menyambut tantangan perluasan Agro Solution di beraneka daerah, juga Gorontalo. Kami segera invetarisasi Kecamatan mana saja yang dapat kami uji coba,” ujar Rahmad Pribadi dalam keterangannya, Jumat (29/1/2021).

Ditambahkannya, Agro Solution tidak terbatas terhadap komoditas padi, tapi seluruh sektor pertanian potensial dan hortikultura.

Salah satunya jagung yang juga jadi komoditas andalan Gorontalo, supaya peningkatan hasil dan produktivitas pun tercapai secara optimal.

“Melalui Agro Solution, Pupuk Kaltim siap menopang Gorontalo jadi salah satu lumbung padi dan jagung di Indonesia. Sehingga ke depan, ketahanan pangan dan juga kemandirian petani juga lebih maksimal kami capai,” pungkas Rahmad.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *