Massa Trump Ngamuk! Serbu Capitol AS, Pengesahan Biden Setop

Massa Trump Ngamuk! Serbu Capitol AS, Pengesahan Biden Setop

Unjuk rasa menolak pengesahan kemenangan Joe Biden didalam Pilpres 2020 terlampau terjadi Rabu (6/1/2021) di Washington D.C, AS. Sebelumnya ajakan demo besar-besaran digaungkan oleh petahana Presiden Donald Trump.

Para pendukung Trump, yang menyebut diri mereka Gerakan Penyelamatan AS, menggunakan topi merah yang menjadi simbol kampanye mantan pebisnis real estate itu. Trump pun terlampau mencukupi janjinya singgah ke protes yang ia janjikan sebelumnya dapat terjadi liar.

“Kita tidak dapat mengakuinya (hasil pilpres) saat terjadi kecurangan,” kata Trump di atas panggung di depan massa, dikutip dari Reuters Kamis (7/1/2021). “Negeri kami sudah muak”.

Namun sayangnya demo tersebut tak terjadi damai. Situasi panas terjadi akibat bentrok pada aparat dan pendukung Trump yang berasal dari milisi sayap kanan Proud Boys.

Demo ini dijalankan pas waktu Parlemen AS tengah rapat untuk mengesahkan hasil Pilpres 2020 dan memutuskan Biden sebagai pemenang. Massa yang rusuh coba menghentikan rapat dan menembus barikade polisi.

Aparat apalagi menembakkan gas air mata kegunaan mengamankan situasi. Garda Nasional, pasukan semi militer AS, termasuk diterjunkan. Kepolisian memperlihatkan sejumlah bagian luka-luka gara-gara bentrokan.

Akibat tambah panasnya kondisi ini DPR dan Senat AS selanjutnya menghentikan waktu rapat pengesahan Biden yang tengah berlangsung. Apalagi, pendukung Trump diketahui melanggar batas keamanan dan memasuki gedung Capitol sesudah bentrok bersama dengan polisi.

“Tanpa keberatan, majelis memastikan dewan reses,” kata bagian kongres Jim McGovern, sambal membanting palu diiringi nada keras teriakkan dari massa di luar ruangan, sebagaimana dikutip AFP.

Pejabat di Capitol termasuk mengumumkan penguncian. Anggota parlemen apalagi menjelaskan di Twitter bahwa mereka berlindung di kantor mereka saat lebih dari satu massa Trump nampak masuk dan terjadi melalui gedung.

“Keamanan kamar dan Polisi Capitol mencabut senjata mereka waktu pengunjuk rasa menggedor pintu depan kamar,” cuit bagian kongres Dan Kildee.

“Kami sudah diperintahkan untuk berbaring di lantai dan memakai masker gas kami.”

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *